Cara Mengobati Kaki dan Sayap Lovebird yang Terkilir

ternak lovebird - Lovebird yang terkilir biasanya disebabkan sebab goncangan, injakan sahabatnya, atau sebab kita yang salah dalam mengendalikan burung ini. Meskipun untuk penanganan burung yang terkilir sendiri haruslah dilakukan secara hati-hati, pasalnya sekiranya tidak maka bagian tubuh yang terkilir akan semakin membengkak dan parah.

Untuk itu biasanya para breeder mengerjakan perawatan ini di klinik hewan, akan namun tidak sedikit juga dari mereka yang mengerjakan perawatan mandiri. Kecuali dapat dilakukan oleh dokter, perawatan burung yang terkilir juga dapat Anda lakukan sendiri. Akan namun sekiranya Anda melaksanakannya secara mandiri, pastikan Anda paham dan tahu bagaimana sistem perawatannya.



sayap lovebird sakit

Perawatan Lovebird yang Terkilir Secara Mandiri
Penanganan untuk lovebird yang terkilir, entah itu sayap atau kakinya, dapat Anda lakukan dengan sistem mandiri, artinya Anda dapat mengerjakan perawatan ini sendiri. Melainkan ingat, sekiranya Anda mau mengerjakan perawatan ini, sebaiknya Anda tahu bagaimana caranya dan bagaimana penanganan yang bagus dan benar.

Adapun sistem-caranya yaitu sebagai berikut:

1. Lakukan rehabilitasi burung yang terkilir
Apa sekiranya burung yang terkilir berada pada sangkar koloni, maka Anda dapat memindahkan burung tersebut ke daerah khusus. Tujuannya agar burung tidak mengalami gangguan dari sahabat-sahabatnya, selain itu dengan sistem ini burung juga akan


dengan gampang menjalani cara kerja perawatan.

2. Hindarkan burung dari jeruji sangkar
Sistem ini akan menolong burung agar tidak lagi terbelit jeruji sangkar, pasalnya sekiranya Dia terbelit jeruji sangkar maka besar kemungkinan Dia akan kembali terkelir. Jadi sebaiknya Anda hindari sangkar dengan jeruji yang cukup longgar dan memungkin burung dapat terbelit, sebaiknya Anda gunakan sangkar dengan jeruji yang rapat sehingga akan meminimalisir terbelitnya burung ke jeruji tersebut.

3. Pemberian minyak tawon
Penanganan lovebird yang terkilir berikutnya yaitu dengan memberikan minyak tawon pada bagian tubuh yang terkilir, minyak ini akan membuat otot-otot yang terkilir menjadi normal dan kembali seperti semula. Kecuali itu minyak ini juga akan merileksasi burung agar lebih tenang, akan namun hindari pemijatan pada bagian yang tubuh yang terkilir. Sebab pemijatan yang salah akan membuat bagian tubuh yang terkilir akan lama dalam cara kerja penyembuhannya, hal itu dikarenakan bagian tubuh tersebut semakin parah terkilir. Pilihan lainnya dengan memberikan obat herbal OrBird bagus untuk diminumkan ataupun dioleskan pada bagian kaki yang sakit. Obat ini mempunyai khasiat yang bagus dalam menolong memulihkan keadaan burung seperti sedia kala.

Kecuali sistem-sistem mengobati kaki dan sayap lovebird yang terkilir di atas, Anda juga dapat menambahkan perawatan seperti pemberian multivitamin pada burung. Gunanya untuk membuat keadaan kesehatan burung semakin bagus, selain itu Anda juga dapat memberikan makanan yang berkualitas untuk memuaskan burung Anda.

Cara Mengobati Kaki dan Sayap Lovebird yang Terkilir
-->